Kamis, 24 Mei 2012

RPP Mikrotheacing Q

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah :SMP Lentera Asa
Kelas / Semester :VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :IPA (Biologi)
Alokasi waktu :15 Menit

Standar Kompetensi           :     6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

Kompetensi Dasar                :      6.1     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.



Indikator:
I.       Kognitif :   
a.       Produk: Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makluk hidup
b.      Proses  : Siswa berfikir untuk mengungkapkan pendapatnya
Siswa bekerjasama untuk tampil bereksperimen
II.    Efektif :   
a.       Karakter : Aktif, tanggung jawab
b.      Keterampilan social  : Berani mengungkapkan pendapat,

A.     Tujuan Pembelajaran
I.       Kognitif
a.         Produk      : Peserta didik dapat:
1.          Menyebutkan cirri-ciri makluk hidup
2.          Menyebutkan contoh dari cirri-ciri makluk hidup
b.        Proses       : Siswa dipancing untuk berfikir memecahkan masalah
Siswa dipancing untuk mengungkapkan pendapat
Siswa secara berkelompok dipancing untuk berekperimen secara langsung

II.    Afektif
a.       Karakter  : aktif, tanggungjawab, ceria, bersemangat
b.      Keterampilan social  : Berani mengungkapkan pendapat
                                                                            Menghargai pendapat orang lain


B.     Materi Pembelajaran  :     Ciri-ciri Makhluk Hidup

C.     Strategi Pembelajaran

a.       Model Pembelajaran  :Aktif learning
b.      Metode Pembelajaran            : Tanya jawab



D.     Langkah- langkah kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
     .     Motivasi dan apersepsi
                 Apa tanda-tanda bahwa kita hidup?
Mengapa tumbuhan putri malu akan mengatup daunnya bila tersentuh?

     .     Prasyarat pengetahuan
                 Apakah ciri-ciri makhluk hidup?

b. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
F Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
F Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan tiap-tiap cirri dari makluk hidup
F  Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk member contoh dari tiap-tiap cirri makluk hidup
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  Guru memberikan tugas rumah, peserta didik diminta untuk mempelajari bab selanjutnya
E.     Sumber Belajar
a.     Buku IPA Terpadu
b.    Buku Biologi Kelas 7 SMP semester dua
c.     Lingkungan sekitar rumah masing-masing siswa
d.     Internet
e.     Buku referensi

F.    Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Instrumen/ Soal
·  Menyebutkan ciri-ciri makluk hidup
 

·  Memberikan contoh dari tiap-tiap ciri mkluk hidup




















 

·  Memekperimenkan contoh dari tiap-tiap ciri makluk hidup secara kelompok
Tes lesan


Tes lesan























Tes kerja
{ Apa saja ciri-ciri makuk hidup?


š Makluk hidup apa saja yang bernafas?
-dengan insang
-dengan trakea
-dengan kulit
-dengan paru-paru

š Mengapa makluk hidup harus makan?
š Ada berapa jenis makanan makluk hidup?

š Apa perbedaan gerak antara manusia dan tumbuhan?
š Apa bukti bahwa tumbuhan juga bergerak?

š Ada berapa macam  perkembangbiakan pada makluk hidup?

š Jika tangan  terkena api, mengapa kita bergegas menarik tangan tersebut?

Z Apa bukti bahwa makluk hidup dapat bernafas?

Z Apa bukti bahwa makluk hidup dapat bergerak?

Z Apa saja bukti bahwa makluk hidup tanggap terhadap rangsang?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar